You need to enable javaScript to run this app.

LABORATORIUM BIOLOGI

  • Sabtu, 18 Juni 2022
  • Administrator
  • 0 komentar

 Prktik Biologi

Dokumentadi Lab. Biologi SMAN 3 Pandeglang

 P

LATAR BELAKANG

Untuk peningkatan keterampilan biologi peserta didik, perlu ditunjang dengan adanya sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran diantaranya laboratorium sebagai tempat pelaksanaan praktikum penunjang mata mata pelajaran biologi. Pengembangan laboratorium untuk meningkatkan proses pembelajaran perlu dilakukan karena sebagian sarana dan prasarana di Laboratorium Biologi yang ada belum maksimal untuk pelaksanaan praktikum mata pelajaran Biologi.

VISI DAN MISI LABORATORIUM BIOLOGI 

Laboratorium Biologi SMAN 3 Pandeglang mempunyai visi dan misi sebagai berikut:

Visi
Mewujudkan laboratorium sebagai wahana praktikum, dan penelitian peserta didik di bidang biologi.

Misi

  1. Menyelenggarakan praktikum biologi yang bermutu melalui pengembangan kompetensi pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding), keterampilan praktis (practical skill) dan kemampuan managerial (managerial skill) sebagai bekal pelaksanaan tugas-tugas professional guru.
  2. Menyelenggarakan penelitian berbasis laboratorium dalam rangka inovasi pembelajaran biologi.
  3. Memberikan pelayanan pelatihan dan bimbingan kegiatan berbasis laboratorium.

TUJUAN LABORATORIUM BIOLOGI 

Adapun tujuan dari Laboratorium Biologi adalah:

  1. Memberikan pelayanan kepada peserta didik untuk melaksanakan praktikum Biologi.
  2. Melakukan inovasi pembelajaran Biologi melalui penelitian peserta didik berbasis lab/berpraktikum.
  3. Memberikan pelayanan kepada peserta didik diluar Program mata pelajaran Biologi untuk melakukan praktikum.

SASARAN

  1. Peserta didik mata pelajaran Biologi.
  2. Peserta didik lain diluar Mata pelajaran Biologi di lingkungan program MIPA SMAN 3 Pandeglang.

KONDISI ALAT DAN BAHAN PRAKTIKUM

SMAN 3 Pandeglang memiliki dua ruang laboratorium biologi. Alat dan bahan yang ada di Lab. Biologi cukup tersedia terutama dalam menunjang praktikum mata pelajaran biologi. Kondisi sebagian alat memang sudah kurang efektif terutama alat-alat yang bersifat digital, hal ini dikarenakan alat tersebut sudah terlalu lama dan sebagian besar memang sudah banyak yang rusak dan kurang berfungsi normal untuk digunakan.  Akan tetapi alat dan bahan yang tersedia di Lab. Biologi dapat dimaksimalkan pemanfaatannya untuk menunjang pembelajaran.

Ruang Laboratorium Biologi

  1. Ruang laboratorium biologi berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran biologi secara praktek yang memerlukan peralatan
  2. Ruang laboratorium biologi dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
  3. Rasio minimum ruang laboratorium biologi 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar minimum ruang laboratorium biologi 5
  4. Ruang laboratorium biologi memiliki fasilitas yang memungkinkan pencahayaan memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.
  5. Ruang laboratorium biologi dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 7.

 Tabel 4.7 Sarana, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium Biologi

No

Jenis

Rasio

Deskripsi

1

Perabot

 

 

1.1

Kursi

1 buah/peserta didik, ditambah 1 buah/guru

Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan.

1.2

Meja kerja

1 buah/7 peserta didik

Kuat dan stabil. Permukaan kedap air dan mudah dibersihkan.

Ukuran memadai untuk menampung kegiatan peserta didik secara berkelompok maksimum 7 orang.

1.3

Meja demonstrasi

1 buah/lab

Kuat dan stabil. Permukaan kedap air dan mudah dibersihkan.

Luas memungkinkan untuk melakukan demonstrasi dan menampung peralatan dan bahan yang diperlukan.

Tinggi memungkinkan seluruh peserta didik dapat mengamati percobaan yang didemonstrasikan.

1.4

Meja persiapan

1 buah/lab

Kuat dan stabil.

Ukuran memadai untuk menyiapkan materi percobaan.

1.5

Lemari alat

1 buah/lab

Ukuran memadai untuk menampung semua alat. Tertutup dan dapat dikunci.

1.6

Lemari bahan

1 buah/lab

Ukuran memadai untuk menampung semua bahan. Tidak mudah berkarat. Tertutup dan dapat dikunci.

1.7

Bak cuci

1  buah/ 2  kelompok, ditambah 1 buah di ruang persiapan.

Tersedia air bersih dalam jumlah memadai.

2

Peralatan Pendidikan

 

2.1

Alat peraga:

 

 

2.1.1

Model kerangka manusia

1 buah/lab

Tinggi minimum 150 cm.

2.1.2

Model tubuh manusia

1 buah/lab

Tinggi minimum 150 cm. Organ tubuh terlihat dan dapat dilepaskan dari model.

Dapat diamati dengan mudah oleh seluruh peserta didik.

2.1.3

Preparat mitosis

6 buah/lab

 

2.1.4

Preparat meiosis

6 buah/lab

 

2.1.5

Preparat anatomi tumbuhan

6 set/lab

Berupa irisan melintang akar, batang, daun, dikotil, dan monokotil.

2.1.6

Preparat anatomi hewan

6 set/lab

Berupa irisan otot rangka, otot jantung, otot polos, tulang keras, tulang rawan, ginjal, testis, ovarium, hepar, dan syaraf.

2.1.7

Gambar kromosom

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.8

Gambar DNA

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.9

Gambar RNA

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.10

Gambar pewarisan Mendel

1 buah/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.11

Gambar contoh-contoh tumbuhan dari berbagai divisi

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.12

Gambar contoh-contoh hewan dari berbagai filum

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.13

Gambar/model sistem pencernaan manusia

1 buah/lab

Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A1.

Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.

2.1.14

Gambar/model sistem pernapasan manusia

1 buah/lab

Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A1.

Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.

2.1.15

Gambar/model sistem peredaran darah manusia

1 buah/lab

Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A1.

Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.

2.1.16

Gambar/model sistem pengeluaran manusia

1 buah/lab

Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A1.

Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.

2.1.17

Gambar/model sistem reproduksi manusia

1 buah/lab

Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A1.

Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.

2.1.18

Gambar/model sistem syaraf manusia

1 buah/lab

Jika berupa gambar, maka isinya jelas terbaca dan berwarna dengan ukuran minimum A1. Jika berupa model, maka dapat dibongkar pasang.

2.1.19

Gambar sistem pencernaan burung, reptil, ampibi, ikan, dan cacing tanah

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.20

Gambar sistem pernapasan burung, reptil, ampibi, ikan, dan cacing tanah

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.21

Gambar sistem peredaran darah burung, reptil, ampibi, ikan, dan cacing tanah

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.22

Gambar sistem pengeluaran burung, reptil, ampibi, ikan, dan cacing tanah

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.23

Gambar sistem reproduksi burung, reptil, ampibi, ikan, dan cacing tanah.

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.24

Gambar sistem syaraf burung, reptil, ampibi, ikan, dan cacing tanah.

1 set/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.1.25

Gambar pohon evolusi

1 buah/lab

Isi gambar jelas terbaca dan berwarna, ukuran minimum A1.

2.2

Alat dan Bahan Percobaan:

 

2.2.1

Mikroskop monokuler

6 buah/lab

Lensa obyektif 10 x, 40 x, dan 100 x.

Lensa okuler 5 x dan 10 x. Kondensor berupa cermin datar dan cermin cekung, diafragma iris, konstruksi logam kuat dan kekar, meja horizontal, pengatur fokus kasar dan halus, tersimpan dalam peti kayu yang dilengkapi silica gel dan petunjuk pemakaiannya.

2.2.2

Mikroskop stereo binokuler

6 buah/lab

Perbesaran 20 x.

Jarak kerja dapat distel antara okuler dan bidang pandang, alas stabil dari logam cor, ada pengatur fokus dan skrup penjepit, ada tutup penahan debu.

2.2.3.

Perangkat pemeliharan mikroskop (kertas pembersih lensa, sikat halus, kunci Allen, alat semprot, obeng halus, lup tukang arloji, tang untuk melipat)

2 set/lab

Kualitas baik.

2.2.4

Gelas Benda

6 pak/lab

(isi 72)

Kaca jernih.

Ukuran 76,2 mm x 25,4 mm x 1 mm.

2.2.5

Gelas penutup

6 pak/lab (isi 50)

Kaca jernih.

Ukuran 22 mm x 22 mm x 0.16 mm.

2.2.6

Gelas arloji

2 pak/lab

(isi 10)

Bahan kaca.

Diameter 80 mm.

2.2.7

Cawan Petri

2 pak/lab

(isi 10)

Bahan kaca, ada penutup.

Diameter 100 mm.

2.2.8

Gelas Beaker

Masing-masing 10 buah/lab

Borosilikat, rendah, berbibir. Volume: 50 ml, 100 ml, 250 ml, 600 ml, dan 1000 ml.

2.2.9

Corong

Masing-masing

10 buah/lab

Borosilikat, datar.

Diameter: 75 mm dan 100 mm.

2.2.10

Pipet ukur

6 buah/lab

Kaca, lurus, skala permanen.

Volume 10 ml.

2.2.11

Tabung reaksi

6 kotak/lab

(isi 10)

Kaca borosilikat, bibir lipat. Tinggi 100 mm.

Diameter 12 mm.

2.2.12

Sikat tabung reaksi

10 buah/lab

Kepala berbulu keras, pegangan kawat.

Diameter 22-26 mm.

2.2.13

Penjepit tabung reaksi

10 buah/lab

Kayu dengan pegas untuk

tabung reaksi.

 

 

 

Diameter 10-25 mm.

2.2.14

Erlenmeyer

Masing-masing 10 buah/lab

Kaca borosilikat, bibir luang. Volume: 50 ml, 100 ml,

250 ml, 600 ml, dan 1000 ml.

2.2.15

Kotak preparat

6 buah/lab (isi 100)

Kayu/plastik.

2.2.16

Lumpang dan alu

6 buah/lab

Porselen, permukaan rata dan licin.

Diameter 80 mm.

2.2.17

Gelas ukur

Masing-masing 6 buah/lab

Kaca borosilikat.

Volume: 100 ml dan 10 ml.

2.2.18

Stop watch

6 buah/lab

Ketelitian 0,2 detik

2.2.19

Kaki tiga

6 buah/lab

Besi, panjang batang sekitar 12 cm.

Diameter cincin sekitar 62 cm.

2.2.20

Perangkat batang statif (panjang dan pendek)

6 set/lab

Baja tahan karat, dasar statif bahan ABS, balok penunjang logam, kaki standar.

Diameter 10 mm.

2.2.21

Klem universal

10 buah/lab

Aluminium dan baja anti karat, bagian dalam pemegang dilapisi karet.

Panjang sekitar 12 cm.

2.2.22

Bosshead (penjepit)

10 buah/lab

Aluminium, arah lubang penggenggam vertikal dan horizontal.

Panjang sekitar 80 mm.

2.2.23

Pembakar spiritus

6 buah/lab

Kaca, dengan sumbu dan tutup.

Volume 100 ml.

2.2.24

Kasa

6 buah/lab

Baja anti karat, tanpa asbes.

Ukuran 140 mm x 140 mm.

2.2.25

Aquarium

1 buah/lab

Plastik transparan, dilengkapi alas dan penutup.

Ukuran 30 cm x 20 cm x 20 cm.

2.2.26

Neraca

1 buah/lab

Kapasitas 311 gram, piringan tunggal, 4 lengan dengan beban yang dapat digeser, ada skrup penyetel keseimbangan.

Ketelitian 10 mg,

2.2.27

Sumbat karet 1 lubang

Masing-masing 6 buah/lab

Diameter: 8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 13 mm, 15 mm, 17 mm, 19 mm, 21 mm, dan 23 mm.

2.2.28

Sumbat karet 2 lubang

Masing-masing 10 buah/lab

Diameter 15 mm, 17 mm, 19 mm, 21 mm, dan 23 mm.

2.2.29

Termometer

Masing-masing 10 buah/lab

Batas ukur 0-50 °C dan -10-110 °C.

2.2.30

Potometer

6 buah/lab

Dari kaca.

2.2.31

Respirometer

6 buah/lab

Kualitas baik.

2.2.32

Perangkat bedah hewan

6 set/lab

Scalpel, gunting lurus 115 mm, gunting bengkok 115 mm, jarum pentul, pinset 125 mm, loupe bertangkai dengan diameter 58 mm.

2.2.33

Termometer suhu tanah

6 buah/lab

Tabung aluminium dengan ujung runcing membungkus termometer raksa.

Batas ukur -5-65 °C.

2.2.34

Higrometer putar

2 buah/lab

Dilengkapi tabel konversi.

Skala 0-50 °C.

2.2.35

Kuadrat

6 buah/lab

Besi atau aluminium, dengan skrup kupu-kupu, dengan jala berjarak 10 cm.

Ukuran 50 cm x 50 cm.

2.2.36

Manual percobaan

6 buah/ percobaan

 

3

Media Pendidikan

 

 

3.1

Papan tulis

1 buah/lab

Ukuran minimum 90 cm x 200 cm.

Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta didik melihatnya dengan jelas.

4

Bahan Habis Pakai (Kebutuhan per tahun)

4.1

Asam sulfat

500 ml/lab

Larutan pekat 95 – 98%.

4.2

HCL

500cc/lab

36%.

4.3

Acetokarmin

10 gram/lab

Serbuk.

4.4

Eosin

25 gram/lab

Padat (kristal).

4.5

Etanol

2500 ml/lab

95%.

4.6

Glukosa

500 gram/lab

Padat (kristal).

4.7

Indikator universal

4 rol/lab

pH 1 – 11.

4.8

Iodium

500 gram/lab

Padat (kristal).

4.9

KOH

500 gram/lab

Padat (kristal).

4.10

Mn SO4

500 gram/lab

Padat (serbuk).

4.11

NaOH

500 gram/lab

Padat (kristal).

4.12

Vaseline

500 gram/lab

Pasta.

4.13

Kertas saring

6 pak/lab

Kualitas sekolah no 1.

Diameter 90 mm.

5

Perlengkapan Lain

 

 

5.1

Soket listrik

9 buah/lab

1  soket di tiap meja peserta didik, 2  soket di meja demo, 2 soket di ruang persiapan.

5.2

Alat pemadam kebakaran

1 buah/lab

Mudah dioperasikan.

5.3

Peralatan P3K

1 buah/lab

Terdiri dari kotak P3K dan isinya tidak kadaluarsa termasuk obat P3K untuk luka bakar dan luka terbuka.

5.4

Tempat sampah

1 buah/lab

 

5.5

Jam dinding

1 buah/lab

 

Standar Sarana Prasarana Sekolah dapat diunduh melalui link berikut.

Permendiknas-No.-24-tahun-2007

mna, 22/06/22

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Edi Supriyanto, S.Pd.,M.Pd.

- Kepala Sekolah -

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Saya berharap semoga Website sekolah ini dapat dijadikan media interaksi yang positif dan konstruktif baik...

Berlangganan
Banner