You need to enable javaScript to run this app.

LABORATORIUM FISIKA

  • Sabtu, 18 Juni 2022
  • Administrator
  • 0 komentar

Aktivitas Lab Fisika

Dokumen Praktikum Fisika SMAN 3 Pandeglang

 LATAR BELAKANG

Untuk peningkatan keterampilan Fisika peserta didik, perlu ditunjang dengan adanya sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran diantaranya laboratorium sebagai tempat pelaksanaan praktikum penunjang mata mata pelajaran Fisika. Pengembangan laboratorium untuk meningkatkan proses pembelajaran perlu dilakukan karena sebagian sarana dan prasarana di Laboratorium Fisika yang ada belum maksimal untuk pelaksanaan praktikum mata pelajaran Fisika.

VISI DAN MISI LABORATORIUM FISIKA 

Laboratorium Fisika SMAN 3 Pandeglang mempunyai visi dan misi sebagai berikut:

Visi
Mewujudkan laboratorium sebagai wahana praktikum, dan penelitian peserta didik di bidang Fisika.

Misi

  1. Menyelenggarakan praktikum Fisika yang bermutu melalui pengembangan kompetensi pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding), keterampilan praktis (practical skill) dan kemampuan managerial (managerial skill) sebagai bekal pelaksanaan tugas-tugas professional guru.
  2. Menyelenggarakan penelitian berbasis laboratorium dalam rangka inovasi pembelajaran Fisika.
  3. Memberikan pelayanan pelatihan dan bimbingan kegiatan berbasis laboratorium.

TUJUAN LABORATORIUM FISIKA 

Adapun tujuan dari Laboratorium Fisika adalah:

  1. Memberikan pelayanan kepada peserta didik untuk melaksanakan praktikum Fisika.
  2. Melakukan inovasi pembelajaran Fisika melalui penelitian peserta didik berbasis lab/berpraktikum.
  3. Memberikan pelayanan kepada peserta didik diluar Program mata pelajaran Fisika untuk melakukan praktikum.

SASARAN

  1. Peserta didik mata pelajaran Fisika.
  2. Peserta didik lain diluar Mata pelajaran Fisika di lingkungan program MIPA SMAN 3 Pandeglang.

KONDISI ALAT DAN BAHAN PRAKTIKUM

SMAN 3 Pandeglang memiliki dua ruang laboratorium Fisika. Alat dan bahan yang ada di Lab. Fisika cukup tersedia terutama dalam menunjang praktikum mata pelajaran Fisika. Kondisi sebagian alat memang sudah kurang efektif terutama alat-alat yang bersifat digital, hal ini dikarenakan alat tersebut sudah terlalu lama dan sebagian besar memang sudah banyak yang rusak dan kurang berfungsi normal untuk digunakan.  Akan tetapi alat dan bahan yang tersedia di Lab. Fisika dapat dimaksimalkan pemanfaatannya untuk menunjang pembelajaran.

Ruang Laboratorium Fisika

  1. Ruang laboratorium fisika berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran fisika secara praktek yang memerlukan peralatan
  2. Ruang laboratorium fisika dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
  3. Rasio minimum ruang laboratorium fisika 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar ruang laboratorium fisika minimum 5
  4. Ruang laboratorium fisika memiliki fasilitas yang memungkinkan pencahayaan memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.

Ruang laboratorium fisika dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 4.8.

 

Tabel 4.8 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium Fisika

No

Jenis

Rasio

Deskripsi

1

Perabot

 

 

1.1

Kursi

1 buah/peserta didik, ditambah 1 buah/guru

Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan.

1.2

Meja kerja

1 buah/7 peserta didik

Kuat dan stabil.

Ukuran memadai untuk menampung kegiatan peserta didik secara berkelompok maksimum 7 orang.

1.3

Meja demonstrasi

1 buah/lab

Kuat dan stabil.

Luas meja memungkinkan untuk melakukan demonstrasi dan menampung peralatan dan bahan yang diperlukan.

Tinggi meja memungkinkan seluruh peserta didik dapat mengamati percobaan yang didemonstrasikan.

1.4

Meja persiapan

1 buah/lab

Kuat dan stabil.

Ukuran memadai untuk menyiapkan materi percobaan.

1.5

Lemari alat

1 buah/lab

Tertutup dan dapat dikunci. Ukuran memadai untuk menampung semua alat.

1.6

Lemari bahan

1 buah/lab

Tertutup dan dapat dikunci. Ukuran memadai untuk menampung semua bahan dan tidak mudah berkarat.

1.7

Bak cuci

1  buah/2 kelompok, ditambah 1 buah di ruang persiapan.

Tersedia air bersih dalam jumlah memadai.

2

Peralatan Pendidikan

 

2.1

Bahan dan Alat Ukur Dasar:

 

2.1.1

Mistar

6 buah/lab

Panjang minimum 50 cm, skala terkecil 1 mm.

2.1.2

Rolmeter

6 buah/lab

Panjang minimum 10 m, skala terkecil 1 mm.

2.1.3

Jangka sorong

6 buah/lab

Ketelitian 0,1 mm.

2.1.4

Mikrometer

6 buah/lab

Ketelitian 0,01 mm.

2.1.5

Kubus massa sama

6 set/lab

Massa 100 g (2%), 4 jenis bahan.

2.1.6

Silinder massa sama

6 set/lab

Massa 100 g (2%), 4 jenis bahan.

2.1.7

Plat

6 set/lab

Terdapat kail penggantung, bahan logam 4 jenis.

2.1.8

Beban bercelah

10 buah/lab

Massa antara 5-20 g, minimum 2 nilai massa, terdapat fasilitas pengait.

2.1.9

Neraca

1 buah/lab

Ketelitian 10 mg.

2.1.10

Pegas

6 buah/lab

Bahan baja pegas, minimum 3 jenis.

2.1.11

Dinamometer

(pegas presisi)

6 buah/lab

Ketelitian 0,1 N/cm.

2.1.12

Gelas ukur

6 buah/lab

Bahan borosilikat.

Volume antara 100-1000 ml.

2.1.13

Stopwatch

6 buah/lab

Ketelitian 0,2 detik.

2.1.14

Termometer

6 buah/lab

Tersedia benang penggantung.

Batas ukur 10-110 oC.

2.1.15

Gelas Beaker

6 buah/lab

Bahan borosilikat.

Volume antara 100-1000 ml, terdapat tiga variasi volume.

2.1.16

Garputala

6 buah/lab

Bahan baja.

Minimum 3 variasi frekuensi.

2.1.17

Multimeter AC/DC 10 kilo ohm/volt

6 buah/lab

Dapat mengukur tegangan, arus dan hambatan.

Batas ukur arus minimum 100 mA-5 A.

Batas minimum ukur tegangan untuk DC 100 mV-50 V.

Batas minimum ukur tegangan untuk AC 0-250 V.

2.1.18

Kotak potensiometer

6 buah/lab

Disipasi maksimum 5 watt. Ukuran hambatan 50 Ohm.

2.1.19

Osiloskop

1 set/lab

Batas ukur 20 MHz, dua kanal, beroperasi X-Y, tegangan masukan 220 volt, dilengkapi probe intensitas, tersedia buku petunjuk.

2.1.20

Generator frekuensi

6 buah/lab

Frekuensi luaran dapat diatur dalam rentang audio.

Minimum 4 jenis bentuk gelombang dengan catu daya 220 volt.

Mampu menggerakkan speaker daya 10 watt.

2.1.21

Pengeras suara

6 buah/lab

Tegangan masukan 220 volt, daya maksimum keluaran 10 watt.

2.1.22

Kabel penghubung

1 set/lab

Panjang minimum 50 cm, dilengkapi plug diameter 4 mm. Terdapat 3 jenis warna: hitam, merah dan putih, masing-masing 12 buah.

2.1.23

Komponen elektronika

1 set/lab

Hambatan tetap antara 1 Ohm - 1 M Ohm, disipasi 0,5 watt masing-masing 30 buah, mencakup LDR, NTC, LED, transistor dan lampu neon masing-masing minimum 3 macam.

2.1.24

Catu daya

6 buah/lab

Tegangan masukan 220 V, dilengkapi pengaman, tegangan keluaran antara 3-12 V, minimum ada 3 variasi tegangan keluaran.

2.1.25

Transformator

6 buah/lab

Teras inti dapat dibuka. Banyak lilitan antara 100-1000.

Banyak lilitan minimum ada 2 nilai.

2.1.26

Magnet U

6 buah/lab

 

2.2

Alat Percobaan:

 

 

2.2.1

Percobaan Atwood atau Percobaan Kereta dan Pewaktu ketik

6 set/lab

Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data GLB dan GLBB.

Minimum dengan 3 kombinasi nilai massa beban.

6 set/lab

Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data GLB dan GLBB. Lengkap dengan pita perekam.

2.2.2

Percobaan Papan Luncur

6 set/lab

Mampu menunjukkan fenomena dan memberikan data gerak benda pada bidang miring.

Kemiringan papan dapat diubah, lengkap dengan katrol dan balok.

Minimum dengan tiga nilai koefisien gesekan.

2.2.3

Percobaan Ayunan Sederhana atau Percobaan Getaran pada Pegas

6 set/lab

Mampu menunjukkan fenomena ayunan dan memberikan data pada pengukuran percepatan gravitasi.

Minimum dengan tiga nilai panjang ayunan dan tiga nilai massa beban.

6 set/lab

Mampu menunjukkan fenomena getaran dan memberikan data pada pengukuran percepatan gravitasi.

Minimum dengan tiga nilai konstanta pegas dan tiga nilai massa beban.

2.2.4

Percobaan Hooke

6 set/lab

Mampu memberikan data untuk membuktikan hukum Hooke dan menentukan minimum 3 nilai konstanta pegas.

2.2.5

Percobaan Kalorimetri

6 set/lab

Mampu memberikan data untuk membuktikan hukum kekekalan energi panas serta menentukan kapasitas panas kalorimeter dan kalor jenis minimum tiga jenis logam.

Lengkap dengan pemanas, bejana dan kaki tiga, jaket isolator, pengaduk dan termometer.

2.2.6

Percobaan Bejana Berhubungan

6 set/lab

Mampu memberikan data untuk membuktikan hukum fluida statik dan dinamik.

2.2.7

Percobaan Optik

6 set/lab

Mampu menunjukkan fenomena sifat bayangan dan memberikan data tentang keteraturan hubungan antara jarak benda, jarak bayangan dan jarak fokus cermin cekung, cermin cembung, lensa cekung, dan lensa cembung.

Masing-masing minimum dengan tiga nilai jarak fokus.

2.2.8

Percobaan Resonansi Bunyi atau Percobaan Sonometer

6 set/lab

Mampu menunjukkan fenomena resonansi dan memberikan data kuantisasi panjang gelombang, minimum untuk tiga nilai frekuensi.

6 set/lab

Mampu memberikan data hubungan antara frekuensi bunyi suatu dawai dengan tegangannya, minimum untuk tiga jenis dawai dan tiga nilai tegangan.

2.2.9

Percobaan Hukum Ohm

6 set/lab

Mampu memberikan data keteraturan hubungan antara arus dan tegangan minimum untuk tiga nilai hambatan.

2.2.10

Manual percobaan

6 buah/percobaan

 

3

Media Pendidikan

 

3.1

Papan tulis

1 buah/lab

Ukuran minimum 90 cm x 200 cm.

Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta didik melihatnya dengan jelas.

4

Perlengkapan Lain

 

4.1

Soket listrik

9 buah/lab

1  soket di tiap meja peserta didik, 2  soket di meja demo, 2 soket di ruang persiapan.

4.2

Alat pemadam kebakaran

1 buah/lab

Mudah dioperasikan.

4.3

Peralatan P3K

1 buah/lab

Terdiri dari kotak P3K dan isinya tidak kadaluarsa termasuk obat P3K untuk luka bakar dan luka terbuka.

4.4

Tempat sampah

1 buah/lab

 

4.5

Jam dinding

1 buah/lab

 

Standar Sarana Prasarana dapat diunduh melalui link berikut.

Permendiknas-No.-24-tahun-2007

mna, 22-06-22

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Edi Supriyanto, S.Pd.,M.Pd.

- Kepala Sekolah -

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Saya berharap semoga Website sekolah ini dapat dijadikan media interaksi yang positif dan konstruktif baik...

Berlangganan
Banner