You need to enable javaScript to run this app.

LABORATORIUM KIMIA

  • Sabtu, 18 Juni 2022
  • Administrator
  • 0 komentar

 LATAR BELAKANG

Untuk peningkatan keterampilan Kimia peserta didik, perlu ditunjang dengan adanya sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran diantaranya laboratorium sebagai tempat pelaksanaan praktikum penunjang mata mata pelajaran Kimia. Pengembangan laboratorium untuk meningkatkan proses pembelajaran perlu dilakukan karena sebagian sarana dan prasarana di Laboratorium Kimia yang ada belum maksimal untuk pelaksanaan praktikum mata pelajaran Kimia.

VISI DAN MISI LABORATORIUM KIMIA 

Laboratorium Kimia SMAN 3 Pandeglang mempunyai visi dan misi sebagai berikut:

Visi
Mewujudkan laboratorium sebagai wahana praktikum, dan penelitian peserta didik di bidang Kimia.

Misi

  1. Menyelenggarakan praktikum Kimia yang bermutu melalui pengembangan kompetensi pengetahuan dan pemahaman (knowledge and understanding), keterampilan praktis (practical skill) dan kemampuan managerial (managerial skill) sebagai bekal pelaksanaan tugas-tugas professional guru.
  2. Menyelenggarakan penelitian berbasis laboratorium dalam rangka inovasi pembelajaran Kimia.
  3. Memberikan pelayanan pelatihan dan bimbingan kegiatan berbasis laboratorium.

TUJUAN LABORATORIUM KIMIA 

Adapun tujuan dari Laboratorium Kimia adalah:

  1. Memberikan pelayanan kepada peserta didik untuk melaksanakan praktikum Kimia.
  2. Melakukan inovasi pembelajaran Kimia melalui penelitian peserta didik berbasis lab/berpraktikum.
  3. Memberikan pelayanan kepada peserta didik diluar Program mata pelajaran Kimia untuk melakukan praktikum.

SASARAN

  1. Peserta didik mata pelajaran Kimia.
  2. Peserta didik lain diluar Mata pelajaran Kimia di lingkungan program MIPA SMAN 3 Pandeglang.

KONDISI ALAT DAN BAHAN PRAKTIKUM

SMAN 3 Pandeglang memiliki dua ruang laboratorium Kimia. Alat dan bahan yang ada di Lab. Kimia cukup tersedia terutama dalam menunjang praktikum mata pelajaran Kimia. Kondisi sebagian alat memang sudah kurang efektif terutama alat-alat yang bersifat digital, hal ini dikarenakan alat tersebut sudah terlalu lama dan sebagian besar memang sudah banyak yang rusak dan kurang berfungsi normal untuk digunakan.  Akan tetapi alat dan bahan yang tersedia di Lab. Kimia dapat dimaksimalkan pemanfaatannya untuk menunjang pembelajaran.

Ruang Laboratorium Kimia

  1. Ruang laboratorium kimia berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran kimia secara praktek yang memerlukan peralatan
  2. Ruang laboratorium kimia dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
  3. Rasio minimum ruang laboratorium kimia 2,4 m2/peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium 48 m2 termasuk luas ruang penyimpanan dan persiapan 18 m2. Lebar ruang laboratorium kimia minimum 5
  4. Ruang laboratorium kimia memiliki fasilitas yang memungkinkan pencahayaan memadai untuk membaca buku dan mengamati obyek percobaan.
  5. Ruang laboratorium kimia dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel 9.

Tabel 4.9 Jenis, Rasio, dan Deskripsi Sarana Laboratorium Kimia

No

Jenis

Rasio

Deskripsi

1

Perabot

 

 

1.1

Kursi

1 buah/ peserta didik, ditambah 1 buah/guru

Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan.

1.2

Meja kerja

1 buah/7 peserta didik

Kuat dan stabil.

Ukuran memadai untuk menampung kegiatan pesertadidik secara berkelompok maksimum 7 orang.

1.3

Meja demonstrasi

1 buah/lab

Kuat dan stabil.

Luas meja memungkinkan untuk melakukan demonstrasi dan menampung peralatan dan bahan yang diperlukan.

Tinggi meja memungkinkan seluruh peserta didik dapat mengamati percobaan yang didemonstrasikan.

1.4

Meja persiapan

1 buah/lab

Kuat dan stabil.

Ukuran memadai untuk menyiapkan materi percobaan.

1.5

Lemari alat

1 buah/lab

Tertutup dan dapat dikunci. Ukuran memadai untuk menampung semua alat.

1.6

Lemari bahan

2 buah/lab

Kuat dan stabil.

Cukup untuk menyimpan seluruh bahan, tidak mudah berkarat, rak tersangga dengan kuat.

Pintu geser, berkunci.

1.7

Lemari asam

1 buah/lab

Ukuran ruang dalam lemari minimum 0,9 m x 0,6 m x  0,9 m. Tinggi bidang kerja dari lantai 70 cm.

Materi tahan karat, tahan asam, mempunyai pintu kaca yang dapat dibuka-tutup sebagian, mempunyai pencahayaan yang baik, saluran buangan gas langsung keluar dan terpompa, mempunyai saluran air bersih dan buangan.

1.8

Bak cuci

1  buah/2  kelompok, ditambah 1 buah di ruang persiapan.

Tersedia air bersih dalam jumlah yang memadai.

2

Peralatan Pendidikan

 

2.1

Botol zat

Masing-masing 24 buah/lab

Bertutup.

Volume: 100 ml, 250 ml, dan 500 ml.

2.2

Pipet tetes

100 buah/lab

Ujung panjang, dengan karet.

Ukuran 20 cm.

2.3

Batang pengaduk

Masing-masing 25 buah/lab

Diameter: 5 mm dan 10 mm, panjang 20 cm.

2.4

Gelas beaker

Masing-masing 12 buah/lab

Volume: 50 ml, 150 ml, dan 250 ml.

2.5

Gelas beaker

Masing-masing 3 buah/lab

Volume: 500 ml, 1000 ml, dan 2000 ml.

2.6

Labu erlenmeyer

25 buah/lab

Volume 250 ml.

2.7

Labu takar

Masing-masing 50, 50, dan 3 buah/lab

Volume: 50 ml, 100 ml, dan 1000 ml.

2.8

Pipet volume

Masing-masing

30 buah/lab

Skala permanen.

Volume: 5 ml dan 10 ml.

2.9

Pipet seukuran

Masing-masing 30 buah/lab

Skala hermanen.

Volume: 10 ml, 25 ml, dan 50 ml.

2.10

Corong

Masing-masing 30 dan 3 buah/lab

Diameter: 5 cm dan 10 cm.

2.11

Mortar

Masing-masing 6 dan 1 buah/lab

Bahan keramik, bagian dalam berglasur.

Diameter: 7cm dan 15cm.

2.12

Botol semprot

15 buah/lab

Bahan plastik lentur.

Volume 500 ml.

2.13

Gelas ukur

Masing-masing 15, 15,15, 3, dan 3 buah/lab

Volume: 10 ml, 50 ml, 100 ml, 500 ml, dan 1000 ml.

2.14

Buret + klem

10 buah/lab

Skala permanen, tangan klem buret mudah digerakkan, kelas B. Volume 50 ml.

2.15

Statif dan klem

Masing-masing 10 buah/lab

Besi, tahan karat, stabil, kuat, permukaan halus. Klem boss clamp.

2.16

Kaca arloji

10 buah/lab

Diameter 10 cm.

2.17

Corong pisah

10 buah/lab

Bahan gelas.

Volume 100 ml.

2.18

Alat destilasi

2 set/lab

Bahan gelas.

Volume labu 100 ml.

2.19

Neraca

2 set/lab

Ketelitian 10 mg.

2.20

pHmeter

2 set/lab

Ketelitian 0,2 (analog) dan 0,1 (digital).

2.21

Centrifuge

1 buah/lab

Menggunakan daya listrik, minimum 4 tabung.

2.22

Barometer

1 buah/lab

Untuk di dinding lab, dilengkapi termometer.

2.23

Termometer

6 buah/lab

Dapat mengukur suhu 0-100 0C, ketelitan 1 0C, tidak mengandung merkuri.

2.24

Multimeter AC/DC, 10 kilo ohm/volt

6 buah/lab

Dapat mengukur tegangan, arus dan hambatan.

Batas ukur arus minimum 100 mA-5 A.

Batas minimum ukur tegangan untuk DC 100 mV-50 V. Batas minimum ukur tegangan untuk AC 0-250 V.

2.25

Pembakar spiritus

8 buah/lab

Bahan gelas, bertutup.

2.26

Kaki tiga + alas kasa kawat

8 buah/lab

Tinggi disesuaikan tinggi pembakar spiritus.

2.27

Stopwatch

6 buah/lab

Ketelitian 0,2 detik.

2.28

Kalorimeter tekanan tetap

6 buah/lab

Dapat memberikan data untuk pembelajaran entalpi reaksi. Kapasitas panas bahan rendah.

Volume 250 ml.

2.29

Tabung reaksi

100 buah/lab

Gelas.

Volume 20 ml.

2.30

Rak tabung reaksi

7 buah/lab

Kayu.

Kapasitas minimum 10 tabung.

2.31

Sikat tabung reaksi

10 buah/lab

Bulu halus.

Diameter 1 cm.

2.32

Tabung centrifuge

8 buah/lab

Kaca, ukuran sesuai dengan centrifuge.

2.33

Tabel Periodik Unsur Unsur

1 buah/lab

Poster, kertas 220 gram, laminasi, dapat digantung.

2.34

Model molekul

6 set/lab

Minimum dapat menunjukkan atom hidrogen, oksigen, nitrogen, sulfur dan karbon, serta dapat dirangkai menjadi molekul.

2.35

Manual percobaan

6 buah/ Percobaan

 

3

Media Pendidikan

 

 

3.1

Papan tulis

1 buah/lab

Ukuran minimum 90 cm x 200 cm.

Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh peserta didik melihatnya dengan jelas.

4

Bahan Habis Pakai

 

 

 

Bahan habis pakai tersedia di laboratorium meliputi bahan kimia, dengan banyak setiap saat 1,2 x banyak yang dibutuhkan. Bahan kimia meliputi zat-zat yang diperlukan   dalam   percobaan–percobaan:   Pengenalan   Reaksi   Kimia,  Teknik Pemisahan    dan    Pemurnian,    Titrasi    Asam-Basa,Elektrokimia,    Energetika, Pembuatan Produk Terapan Pengetahuan Kimia.

5

Perlengkapan Lain

 

 

5.1

Soket listrik

9 buah/lab

1  soket untuk tiap meja peserta didik, 2  soket untuk meja demo, 2 soket untuk di ruang persiapan.

5.2

Alat pemadam kebakaran

1 buah/lab

Mudah dioperasikan.

5.3

Peralatan P3K

1 buah/lab

Terdiri dari kotak P3K dan isinya tidak kadaluarsa termasuk obat P3K untuk luka bakar dan luka terbuka.

5.4

Tempat sampah

1 buah/lab

 

5.5

Jam dinding

1 buah/lab

 

Standar Sarana dan Prasarana Sekolah dapat diunduh melalui link berikut.

Permendiknas-No.-24-tahun-2007

mna, 22-06-22

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Edi Supriyanto, S.Pd.,M.Pd.

- Kepala Sekolah -

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Saya berharap semoga Website sekolah ini dapat dijadikan media interaksi yang positif dan konstruktif baik...

Berlangganan
Banner